Sejarah Desa

Desa Sidoharjo merupakan desa yang berada di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Desa ini mempunyai luas wilayah sebesar 454,52 Km2, yang berbatasan dengan wilayah Desa Surjo di bagian utara kemudian dibagian selatan berbatsan dengan Desa Mojotengah (Kecamatan Reban), sedangkan pada bagian barat berbatasan dengan Desa Cablikan (kecamatan Reban) dan di timur berbatasan dengan Desa Deles dan Pangempon.

Desa Sidoharjo yang berada di dataran tinggi / pegunungan ini mempunyai 5 dukuh yakni Dukuh Sengon, Bakalan, Bliko, Sawen dan Tegalkasur. Jumlah Penduduk yang berada di Desa Sidoharjo sebesar 3780 jiwa atau sebesar 1444 KK, dengan jumlah penduduk laki-laki 1.956 dan perempuan sebesar 1.824. Desa Sidoharjo mempunyai penduduk mayoritas Islam selain itu keberadaan 4 pondok pesantren di desa membuat budaya islam menjadi sangat kuat di masyarakat Desa Sidoharjo.

Penduduk Desa Sidoharjo mayoritas bekerja sebagai petani, dimana komoditas pertanian yang ada di Desa Sidoharjo dari tanaman palawija hingga perkebunan teh, kopi dan cengkeh. Potensi yang ada di Desa Sidoharjo yakni adanya 3 industri rumahan berupa marning. Pembuatan marning tersebut telah berlangsung sejak tahun 2000an. Potensi yang ada yakni pembuatan profil pigura.

Potensi alam yang ada yakni Curug Mburi Tukung dan huhtan pinus yang berada di Dukuh Tegalkasur, keindahan yang ada di curug ini bisa dimanfaatkan untuk wisata desa, selain itu di Desa Sidoharjo juga ada cabang pabrik teh PT. Pagilara yang terletak di Dukuh Bakalan.

Desa Sidoharjo juga dikenal sebagai desa yang kaya akan kesenian. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya beberapa kesenian yang terdapat di Desa Sidoharjo, seperti kuntulan, marching band, angklung, dan rebana.